Naif Luncurkan Album Baru di Konser "22nd anNAIFersary"

Setelah penantian 6 tahun dari album sebelumnya, Planet Cinta, NAIF kembali merilis album ketujuhnya yang bertajuk 7 Bidadari tepat di hari jadinya yang ke-22 pada Minggu, 22 Oktober 2017 di Teater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah. Kesempatan ini sekaligus menjadi momentum band yang beranggotakan David Bayu Danangjaya (David), Franki Indrasmoro Sumbodo (drum), Mohammad Amil Hussein/Emil (bass), Fajar Endra Taruna (gitar) ini untuk kembali mewujudkan konser tunggalnya setelah A Night At Schouwburg pada tahun 2008 silam.

Pesan utama yang ingin disampaikan di album ini adalah Naif ingin kembali mengingatkan spirit Naif saat awal mereka mulai berkarya. Nuansa retro khas Naif kembali terasa pada album ini, dan diharapkan dapat menjawab kerinduan KawaNaif (sebutan penggemar Naif) yang tidak ditemukan di album sebelumnya, kata Pepeng. Konser 22nd anNAIFersary dimulai sedikit lama dari yang dijadwalkan. Namun, hal ini tidak mengurangi antusias para penggemarnya untuk membeli album yang dijadikan tanda bukti tiket masuk. Sejak pukul 2 siang penonton sudah mengantri untuk menukarkan bukti pembayaran tiket.

Artwork pada album ini dirasa cukup special karena dikerjakan oleh Glenn Wolk, illustrator asal New York, yang pernah membuat artwork album The Beatles, Lady Gaga, dan lain-lain. Yang sebelumnya tidak memiliki pengetahuan tentang legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari. Dengan riset, ia berhasil menggambarkannya menurut interpretasinya.

Acara dibuka dengan screening video di balik proses pembuatan album dan persiapan konser. Dilanjutkan dengan sedikit intro dari cerita legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari, yang menjadi sumber inspirasi konsep cover album yang dikemas dengan humor. Koes Hendratmo memberikan kesan dan pesannya terhadap Naif dan dilanjutkan dengan konser.

Konser 7 Bidadari dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama Naif memperkenalkan seluruh materi lagu yang ada pada albumnya tersebut, meliputi 7 Bidadari, Alangkah Indahnya Indonesia, Selama Ada Cinta (terdapat kolaborasi dengan Indra Lesmana pada piano di album), Diriku Dirimu, Indah, Berubah, Kenali Dirimu, Sedjak, Apa yang Membuat Dirimu untuk Terus Di Sini, dan Sayang Disayang; lagu yang sudah diracik sejak lama.

Pada jeda sesi, MC Vincent Rompies dan Desta berkolaborasi dengan Adjisdoaibu dan Gilang Gombloh sukses membuat seisi Teater Garuda gempar karena kelucuannya. Gelak tawa sejak awal hingga akhir jeda sesi terus berlangsung. Kegiatan kosong ini juga dimanfaatkan untuk dijadikan sesi tanya jawab dengan Naif.

 Di sesi kedua, Naif membawakan tembang-tembang hitsnya yang membuat paduan suara massal di seisi lokasi. Dengan songlist yang kurang lebih tak jauh dari biasanya, hal ini tetap membuat penonton bersemangat karena Naif berpakaian 70-an, seperti image mereka pertama dulu, dan membawakan lagu tersebut dengan aransemen yang lebih segar. Sebut saja Air dan Api, Senang Bersamamu, Planet Cinta, Karena Kamu Cuma Sat (KKCS) Janji Setia, Janji Setia, Televisi, Itulah Cinta, Di Mana Aku Di Sini, Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia yang Ada di Seluruh Dunia, Hidup Itu Indah, Jikalau, Aku Rela, Towal – Towel, Posesif, Piknik ’72, dan Mobil Balap. Semuanya disajikan dengan apik dengan kolaborasi dengan berbagai additional seperti Krisna Prameswara pada keyboard, Inasio Strings, bahkan krunya sendiri, Syarif Hidayat diajak untuk mengisi gendang.

Berkarir bersama sebagai sebuah band selama 22 tahun tentulah tidak mudah. Namun, Emil merasa di usianya kini ia dan teman-temannya ini sudah memiliki kecocokan secara musikalitas aransemen. Walau pun secara materi telah kembali ke akarnya dengan kembali bernostalgia dengan perasaan mereka pada saat awal mereka mulai bermusik, dan itulah yang membawa mereka pada semangat yang sama, kata David. Namun, Jarwo menambahkan, walau pun demikian, prosesnya tidak dapat disamakan. Dan sejauh ini, proses pembuatan album ini tidak ada beban sama sekali, dan menggarap semuanya bersama-sama.

text & photo by Dian Pratiwiw
naif 6903863856466743757

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

SHVR GROUND FESTIVAL

ADS